28 Okt 2020
    Follow Us:  



Nasional

Prakerja.org tandingi Prakerja Versi Pemerintah. Pelatihannya Gratis?


prakerja.org tandingi prakerja.go.id

Pendaftaran kartu Prakerja sudah memasuki gelombang 4 Yang seharusnya sudah dibuka 26 Mei 2020 lalu, namun mengalami penundaan karena masalah kuota yang belum terpenuhi. Dan ini merupakan penundaan kali kedua hingga akhir bulan Mei kemaren.

Kritikan terhadap kartu prakerja versi pemerintah ini kemudian ramai diperbincangkan di sosial media.

Namun ada yang berbeda kali ini, kritikan datang langsung dalam bentuk platform tandingan prakerja.org.

Platform prakerja.org yang dipelopori oleh Andri W Kusuma tampil di tengah kontroversi Kartu Prakerja.

Bahkan tidak tanggung-tanggung platform tandingan ini yaitu prakerja.org berani mengklaim bahwa semua pelatihan yang diberikan adalah gratis.


Sangat berbeda dengan platform prakerja versi pemerintah, dimana saldo peserta akan dipangkas sebesar Rp1 juta untuk biaya pelatihan.

Hadirnya prakerja.org ini memang dimaksudkan untuk memberikan kritik terhadap program Kartu Prakerja Pemerintah dan hal itu ditulis pada keterangan websitenya.

"Prakerja.org adalah bentuk kritikan kepada pemerintah atas program Kartu praKerja. Lihat manifesto lengkap kami. Anda bisa bergabung dalam aksi nyata dengan menghubungi kami di admin@prakerja.org," begitu tertulis dalam situsnya.

Kelas Pelatihan Gratis prakerja.org

Prakerja.org menyediakan beragam kelas bagi peserta seperti kelas teknologi, bisnis dan keuangan, pengembanagan diri, wirausaha dan masih banyak lainnya.

Banyak komentar yang disampaikan lewat sosial media. "kalau ada yang gratis, ngapain ikut yang bayar," tegas salah satu pengguna sosial media di akun facebooknya.

Saat ditanya keuntungan bagi peserta yang ikut pelatihan di prakerja.org, Panji Winanteya Ruky selaku Direktur Komunikasi menjawab kartu prakerja memang tidak menjamin peserta yang lulus bisa secara langsung dapat pekerjaan, namun yang terpenting adalah calon pencari kerja bisa mengasah skill.

"Dalam kondisi normal pun saya pikir ijazah S1 belum mendapat jaminan dapat kerja. Di masa sulit ini, jika ada pendidikan/pelatihan yang bisa menjamin dapat kerja, kami ingin mengundang untuk bergabung menawarkan modul di Kartu Prakerja," tegas Panji.




Nasional TERBARU


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment