30 Sep 2020
    Follow Us:  



Kesehatan

Perhatikan 4 Hal ini Agar Mental Tetap Terjaga Saat Pandemi


Gambar ilustrasi


Bagaimana cara agar kondisi mental tetap terjaga pada saat pandemi corona? Jika dihitung-hitung sudah hampir 3 bulan berlalu sejak kasus COVID-19 atau corona pertama kali diumumkan di Indonesia. Pemerintah Indonesia pun telah melakukan berbagai langkah untuk menekan penyebaran penyakit tersebut mulai dari social distancing, menggelar rapid test hingga memberlakukan pembatasan sosial.

BACA JUGA : Agar Tubuh Tetap Sehat di Era New Normal, Ikuti Tips Berikut Ini

Agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga hingga pandemi ini berakhir, kita perlu menjaganya baik mental maupun fisik sekaligus tetap berpikir positif. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar kondisi kesehatan mental Anda tetap terjaga. Apa saja itu? Berikut ulasan lengkapnya

4 Hal Perlu Diperhatikan Agar Kesehatan Mental Tetap Terjaga

Membatasi Konsumsi Media Sosial

Tahukah Anda selain melakukan perawatan diri, WHO juga menyarankan agar kita dan keluarga membatasi konsumsi berita atau media sosial. Terutama berita yang justru akan membuat kita merasa sedih, takut dan jengkel. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mengurangi kecemasan yang mana tanpa disadari dapat menyebabkan gejolak dalam diri.

Konsumsi media sosial atau berita memang perlu dilakukan, namun jangan terlalu berlebihan karena bisa berimbas buruk pada kesehatan. Jadi, setelah itu pastikan untuk membatasi konsumsi berita terutama pada saat di rumah saja ya!

Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Selain membatasi konsumsi berita atau media sosial, cara selanjutnya agar kesehatan mental tetap terjaga saat pandemi yaitu menerapkan gaya hidup sehat. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan yaitu mengonsumsi makanan bergizi, tidur yang cukup dan lakukan olahraga teratur.

Selain itu, Anda juga perlu menghindari kebiasaan yang justru berdampak buruk untuk kesehatan. Kebiasaan yang dimaksud seperti merokok, menggunakan narkoba dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk menjaga kontak langsung dengan keluarga saat di rumah. Pada intinya pastikan untuk selalu bertindak sesuai dengan protokol yang dianjurkan pemerintah.

Lakukan Aktivitas Menyenangkan

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan agar kesehatan mental Anda tetap terjaga yaitu dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Misalnya jika Anda hobi berbelanja maka bisa melakukan retail therapy atau berbelanja yang mana tujuannya untuk membuat diri sendiri merasa lebih bahagia.

Menurut penelitian yang dimuat dalam Journal of Consumer Psychology menyatakan bahwa retail therapy ternyata terbukti dalam membuat seseorang merasa senang. Selain itu, aktivitas tersebut juga dapat seseorang terhindar dari stress yang berkelanjutan.

Fokus pada Tujuan ke Depan

Satu lagi hal yang perlu Anda perhatikan agar mental tetap sehat saat pandemi corona yaitu fokus dengan tujuan yang ingin diraih. Perlu diketahui bahwa sebagian besar rasa cemas yang kita rasakan akibat dari pemikiran mengenai hal-hal yang tidak bisa terkontrol. Sehingga tanpa disadari hal tersebut dapat menjadikan seseorang merasa tidak berdaya dan tak tahu harus berbuat apa.

Dari pada bingung memikirkan hal-hal yang tidak bisa terkontrol, sebaiknya untuk fokus melakukan hal-hal penting yang ada di depan mata Anda. Selain itu Anda juga bisa mencoba hal-hal baru yang bisa meningkatkan rasa aman.

BACA JUGA : Atasi Kulit Kering Akibat Pakai Hand Sanitizer Saat Pandemi
Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar kesehatan mental tetap terjaga di tengah pandemi corona yang sampai saat ini masih belum hilang. Dengan menerapkan hal-hal tersebut diharapkan, hidup Anda lebih menyenangkan dan siap menghadapi era New Normal yang  akan segera datang. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu!




Kesehatan TERBARU


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment