28 Okt 2020
    Follow Us:  



Kesehatan

Tips Berobat ke Rumah Sakit dengan Aman di Tengah Wabah


Di tengah pandemi COVID-19, masyarakat dianjurkan untuk tidak datang ke fasilitas kesehatan demi menghindari penularan penyakit. Namun, pada kondisi darurat, Anda harus tetap memeriksakan diri dengan menerapkan tips berobat ke rumah sakit yang tepat. Dengan demikian, Anda mendapatkan penanganan yang semestinya dan tetap aman dari kemungkinan terinfeksi virus berbahaya ini.

BACA JUGA : Mengenal Tiga Jenis Pemeriksaan COVID-19 di Indonesia
Tips Berobat ke Rumah Sakit saat Wabah Melanda


Rumah sakit, puskesmas, klinik, atau fasilitas layanan kesehatan lainnya adalah tempat yang memiliki potensi penularan cukup tinggi. Anda yang ingin berobat bisa jadi justru terpapar oleh virus. Karena itulah, Anda disarankan hanya pergi berobat jika kondisinya benar-benar serius dengan memperhatikan tips berobat ke rumah sakit berikut ini.

  1. Membuat Janji Lebih Dahulu, Terlalu lama berada di rumah sakit akan memperbesar peluang Anda terpapar COVID-19. Untuk menyingkat kunjungan, buatlah janji temu dengan dokter lebih dahulu. Anda bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan rumah sakit berupa chat, layanan online, atau melalui aplikasi.
  2. Usahakan Menggunakan Kendaraan Pribadi, Potensi penularan juga bisa terjadi jika Anda menggunakan transportasi umum menuju rumah sakit. Transportasi umum merupakan tempat transmisi virus yang potensial karena di dalam kendaraan, Anda berada dalam jarak yang dekat dengan orang lain yang bisa saja ternyata positif COVID-19.
  3. Menjalankan Protokol Kesehatan di Tempat Umum, Anda tentu sudah memahami protokol kesehatan standar yang harus dilakukan saat berada di area publik, termasuk fasilitas kesehatan, yaitu:
    • Memakai masker.
    • Sering mencuci tangan dengan air dan sabun atau membawa hand sanitizer dari rumah.
    • Tidak bersalaman dan menjaga jarak. Saat ini, tempat duduk di ruang tunggu sudah diatur agar para pengunjung duduk secara terpisah dalam jarak 1–2 meter. Loket pun telah diatur agar tidak terjadi kerumunan.
    • Usahakan tidak membeli makanan atau minuman sembarangan, lebih baik bawalah bekal dari rumah jika memang diperlukan.
  4. Menjalankan Protokol Kebersihan Saat di Rumah, Tips berobat ke rumah sakit berikutnya yang tak kalah penting adalah menjalankan protokol kesehatan begitu tiba di rumah, yaitu:
    • Mencuci tangan dan kaki dengan sabun dan air mengalir sebelum masuk rumah.
    • Buang masker setelah dilipat atau dibungkus tisu ke dalam tempat sampah tertutup.
    • Bersihkan tubuh dengan mandi dan keramas jika perlu, lalu ganti pakaian dengan yang bersih.
    • Pakaian yang telah digunakan harus segera dicuci terpisah dari pakaian lain. Gunakan deterjen dan air hangat. Jemur pakaian langsung di bawah sinar matahari dan setelah kering, seterika pakaian sebelum disimpan di lemari.
    • Semprot barang-barang yang dibawa ke rumah sakit dengan cairan desinfektan, seperti tas, ponsel, dompet, dan jam tangan. Anda bisa membuat cairan desinfektan sendiri dengan cara yang banyak beredar di media sosial.
Mengenal Pengobatan Telemedicine

Mengingat besarnya risiko saat mendatangi fasilitas kesehatan, ada baiknya jika Anda memanfaatkan layanan telemedicine jika kondisi yang dialami tidak terlalu parah. Telemedicine adalah layanan kesehatan jarak jauh yang diberikan oleh para tenaga kesehatan profesional dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

BACA JUGA : Cegah Corona, Begini 4 Cara Menjaga Rumah Agar Tetap Sehat
Di tengah kondisi wabah saat ini, telemedicine menjadi solusi yang sangat tepat karena pasien tidak perlu mendatangi fasilitas kesehatan sehingga membantu meminimalkan potensi penularan COVID-19.

Kelemahan telemedicine adalah tidak adanya pemeriksaan fisik langsung oleh dokter terhadap pasien. Hal ini membuat para dokter tidak bisa memberikan diagnosis pasti dan resep obat yang spesifik dan hanya memberikan kemungkinan dan diagnosis pembanding. Karena itu, pada kondisi tertentu, Anda sebaiknya tetap memeriksakan diri secara langsung dengan menerapkan tips berobat ke rumah sakit di atas.




Kesehatan TERBARU


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment