04 Agu 2020
    Follow Us:  



Kesehatan

5 Resolusi Gaya Hidup Sehat di Masa Pandemi


Gambar ilustrasi

Dalam menghadapi pandemi COVID-19 yang diperkirakan akan berlangsung lama, gaya hidup sehat menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh semua orang. Seperti penyakit infeksi lainnya, COVID-19 bisa dicegah dengan cara menerapkan pola hidup yang sehat. Apa saja perilaku yang termasuk di dalamnya? Tulisan ini akan membahasnya secara singkat, tetapi padat.

BACA JUGA : Tips Berobat ke Rumah Sakit dengan Aman di Tengah Wabah
5 Resolusi Gaya Hidup Sehat agar Terlindung dari Wabah

Meskipun sebelumnya sudah pernah terjadi wabah di era modern, yaitu SARS dan MERS, wabah COVID-19 yang terjadi saat ini jauh lebih serius. Kondisi yang tidak biasa ini juga tentu tidak bisa disikapi dengan biasa-biasa saja. Setiap orang wajib melakukan upaya untuk melindungi diri dengan menerapkan 5 resolusi gaya hidup sehat.

  1. Resolusi Pola Makan,

    Pola makan yang sehat seharusnya sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Namun, jika selama ini Anda belum menerapkannya atau belum konsisten, sekaranglah waktu yang tepat untuk menjadikan pola makan sehat sebagai kebiasaan.

    Seperti diketahui, memperkuat imunitas tubuh adalah langkah yang sangat efektif untuk menangkal kuman penyebab penyakit, termasuk korona virus. Kekebalan tubuh akan meningkat jika Anda membiasakan makan dengan aturan yang benar, di antaranya:
    • Mengonsumsi makanan bergizi seimbang
    • Jika sedang melakukan karantina mandiri, makanlah sayur setengah piring dan buah (1 buah apel, 1 buah pisang, 7 buah stroberi, 3 buah kurma, atau 8 buah anggur)
    • Kurangi konsumsi gula, garam, dan lemak
    • Batasi konsumsi produk olahan dan perbanyak makanan segar
  2. Resolusi Olahraga, Meskipun lebih banyak berada di rumah, bukan berarti Anda tidak bisa berolahraga. Lakukan olahraga dengan intensitas sedang, seperti jogging, yoga, body weight training, dan dance selama 30–45 menit sehari.

    Selain olahraga, jangan lupa untuk rutin mempraktikkan “8–10 rules” sebagai bagian dari gaya hidup sehat, yaitu minum air putih sebanyak 8–10 gelas sehari dan berjemur pada pukul 8–10 pagi selama 15 menit.
  3. Resolusi Pikiran, Situasi wabah yang hingga kini belum menentu membuat siapa pun khawatir. Kewaspadaan sangat penting, tetapi Anda tidak perlu merasa panik. Agar pikiran tetap tenang, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti:
    • Memperbanyak ibadah dan doa
    • Menjaga komunikasi dengan keluarga dan sahabat
    • Tidur selama 7–8 jam sehari
    • Mencari informasi yang benar dan menghindari hoaks
  4. Resolusi Kebersihan, Sejak wabah korona virus merebak, menjaga kebersihan diri dan lingkungan sudah digaungkan. Caranya adalah dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir maupun hand sanitizer, membersihkan rumah, serta benda-benda yang sering disentuh dengan desinfektan.
  5. Resolusi Kedisiplinan, Saat harus beraktivitas di luar rumah, banyak kebiasaan baru yang harus dilakukan secara disiplin. Di antara kebiasaan baru tersebut adalah menggunakan masker di tempat umum, menjaga jarak dengan orang lain, mencuci pakaian yang dipakai setelah bepergian, serta tidak bersentuhan dengan anggota keluarga dan segera membersihkan badan saat kembali ke rumah.
Suplemen untuk Meningkatkan Imunitas

Selain menerapkan gaya hidup sehat, pada kondisi tertentu, Anda mungkin perlu mengonsumsi suplemen untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, perhatikan dosis yang dianjurkan agar tidak berlebihan.

BACA JUGA : Mengenal Tiga Jenis Pemeriksaan COVID-19 di Indonesia
Ada tiga jenis suplemen yang disarankan untuk dikonsumsi di masa pandemi sekarang ini, yaitu:

  • Vitamin C: mencegah kerusakan jaringan dan peradangan, mencegah infeksi saluran pernapasan, mengurangi tingkat keparahan penyakit dan kebutuhan penggunaan ventilator.
  • Vitamin D: mengurangi tingkat keparahan infeksi saluran pernapasan akibat virus dan membantu proses penyembuhan.
  • Zinc: meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan, mempersingkat durasi sakit flu, dan mempercepat proses pemulihan.




Kesehatan TERBARU


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment