11 Jul 2020
    Follow Us:  



Pendidikan

Apa Saja Manfaat Belajar di Rumah untuk Anak? Cek di Sini


Manfaat belajar di rumah anak



Pandemi dan wabah virus Covid-19 yang terkenal dengan penyakit Corona telah memaksa semua orang di seluruh dunia untuk tinggal di rumah. Hampir semua kegiatan dan aktivitas dilakukan dari rumah termasuk sekolah. Anak-anak harus belajar dari rumah sebagai ganti aktivitas pembelajaran di sekolah. Lalu apakah ada manfaat belajar di rumah tersebut selain menghindari penularan virus?

BACA JUGA : Wajib Diketahui, Inilah Keuntungan Sekolah Online Saat Pandemi

Memang tujuan utama dari dilakukannya pembelajaran dari rumah untuk memutus rantai penularan virus yang mematikan tersebut. Namun sebenarnya di luar hal tersebut ternyata masih banyak manfaat yang bisa didapatkan anak selama belajar di rumah tersebut. Memindahkan aktivitas belajar mengajar yang biasanya dilakukan di sekolah ke rumah ternyata memiliki cukup banyak manfaat yang baik.

Apa saja manfaat belajar di rumah yang bisa didapatkan anak? Temukan jawabannya di bawah ini.

Manfaat dan Keuntungan Belajar dari Rumah

Lebih Mudah Memahami Materi Pelajaran

Cara belajar online yang dilakukan dari rumah membuat anak memiliki kesempatan lebih banyak untuk memahami materi pelajaran. Itu karena semua materi yang diberikan oleh guru disimpan dalam file dimana anak bisa membuka dan mempelajarinya kembali kapan saja. Anak didik bisa mengulangi materi tersebut hingga mereka benar-benar memahaminya.

Hal seperti ini akan sulit dilakukan ketika pelajaran di lakukan di ruang kelas terutama bagi anak yang cenderung malu untuk bertanya. Apalagi tingkat pemahaman anak didik di sebuah kelas tidaklah sama, belum tentu semua paham diterangkan satu kali.  Berbeda jika materi dipelajari di rumah maka anak-anak bisa menyesuaikan cara belajar mereka sendiri mana yang mudah dipahami.

Lebih Fleksibel dan Efisien

Belajar di rumah jauh lebih fleksibel dan efisien dilakukan dibandingkan pembelajaran yang diberikan di kelas. Belajar di rumah bisa dilakukan sesuai dengan karakter si anak didik dan kemampuan mereka memahami pelajaran. Masing-masing anak tentunya mempunyai kemampuan yang berbeda dalam memahami materi pelajaran.

Selain itu manfaat belajar di rumah juga dirasa lebih efektif bagi anak didik dibandingkan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di kelas. Perlu diingat bahwa anak didik memiliki karakter yang berbeda satu dan lainnya. Ada yang mudah menangkap pelajaran dalam suasana yang ramai tetapi ada yang membutuhkan tempat yang tenang.

Suasana belajar yang sesuai karakter akan lebih efektif untuk belajar sehingga akan membuat hasilnya lebih bagus. Rumah tentunya merupakan tempat terbaik bagi anak.

Melatih Kepercayaan Diri

Ternyata belajar di rumah juga memiliki manfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak-anak. Bagi anak yang cenderung pemalu dan pendiam biasanya akan bersikap pasif di kelas. Begitu juga saat ada materi pelajaran yang belum dipahami maka mereka cenderung takut untuk bertanya pada guru.

Nah, dengan belajar di rumah secara online maka anak-anak bisa dilatih untuk memupuk rasa percaya dirinya dengan berdiskusi bersama teman sekelasnya. Metode daring atau online membuat anak tidak harus bertatap muka saat berdiskusi dengan orang lain yaitu teman dan gurunya. Diharapkan setelah itu mereka akan terbiasa berdiskusi dengan orang lain.

Lebih Dekat dengan Keluarga

Dilihat dari sisi psikologis, manfaat belajar di rumah adalah akan mendekatkan anak dengan anggota keluarga yang lainnya seperti orang tua dan saudaranya. Kedekatan yang lebih baik akan memberikan efek positif pada anak sehingga akan memberikan motivasi pada mereka. Motivasi yang meningkat biasanya akan membantu anak untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi.

BACA JUGA : Susah Menghafal Pelajaran? Ikuti Trik Mudah Ini
Itulah beberapa manfaat belajar di rumah yang bisa didapatkan anak selama masa pendemi.




Pendidikan TERBARU


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment




Apakah Anda setuju jika Pulau Bawean menjadi kawasan pariwisata?



23.8%


76.2%

Total votes: 42
Vote



Pendidikan PILIHAN