11 Jul 2020
    Follow Us:  



Pendidikan

Wajib Diketahui, Inilah Keuntungan Sekolah Online Saat Pandemi


Keuntungan sekolah online saat pandemi



Beberapa bulan terakhir ini hampir semua aktivitas dilakukan secara online mulai dari bekerja, rapat hingga sekolah. Semua itu disebabkan oleh kondisi adanya wabah menular yang sangat berbahaya bagi kesehatan yang sedang terjadi di seluruh dunia. Meskipun pada awalnya mungkin sulit untuk dilakukan tetapi nyatanya keuntungan sekolah online mulai dirasakan saat ini.

BACA JUGA : Susah Menghafal Pelajaran? Ikuti Trik Mudah Ini

Aktivitas belajar anak yang tadinya dilakukan di sekolah dengan guru mereka mau tidak mau harus dipindahkan di rumah bersama dengan orang tua. Sistem belajar mengajar yang tadinya dilakukan dengan tatap muka di kelas sekarang dilakukan secara online. Anak tetap mengerjakan tugas dari guru seperti di kelas hanya saja hasilnya dikumpulkan secara online.

Lalu apa saja keuntungan sekolah online yang bisa dirasakan anak-anak selama menjalani belajar dari rumah? Berikut ini penjelasannya.

Keuntungan Sekolah dari Rumah Secara Online

Tidak Harus Pergi ke Sekolah

Dengan belajar online maka anak-anak tidak perlu berangkat dan datang ke sekolah setiap hari seperti biasanya. Karena tidak perlu pergi ke sekolah maka anak bisa belajar kapan saja mereka mau dan tidak repot menyiapkan semua materi pelajaran. Cukup siapkan saja materi yang akan dipelajari saat itu dan pilih waktu yang paling menyenangkan untuk belajar.

Lebih Hemat Ongkos

Belajar online yang dilakukan di rumah dari segi ongkos akan lebih hemat karena anak tidak membutuhkan uang untuk jajan dan transport. Itu artinya Anda sebagai orang tua bisa mengalihkan ongkos yang biasanya dikeluarkan setiap hari kalau anak sekolah. Anda bisa mengalihkan ongkos tersebut untuk membeli pulsa internet atau membayar Wifi.

Tidak Capek

Keuntungan sekolah online selanjutnya adalah menghindarkan anak dari rasa capek karena harus menempuh perjalanan dari rumah ke sekolah. Terlebih bagi mereka yang jarak dari rumah ke sekolah cukup jauh. Sekolah dari rumah juga akan membuat anak terhindar dari rasa capek karena harus membawa tas yang berat.

Sering kita lihat tas sekolah anak-anak penuh dengan bawaan buku pelajaran yang harus mereka pelajari satu hari. Sekolah dari rumah secara online membuat anak tidak harus dipaksa mengikuti jadwal pelajaran yang penuh setiap harinya.

Materi Pelajaran Lebih Mudah Disimpan

Kalau biasanya saat belajar di sekolah anak-anak harus mencatat semua materi di dalam buku maka akan berbeda kalau dilakukan secara online. Semua materi yang diberikan guru akan lebih mudah disimpan dalam bentuk file komputer dan bisa dibuka kapan saja. Bagaimana bagi yang tidak mempunyai komputer? Jangan kuatir karena materi tetap bisa disimpan di dalam smartphone.

Menyimpan materi pelajaran dalam bentuk file digital menjadi salah satu keuntungan sekolah online. Menyimpan materi pelajaran dalam bentuk file digital akan lebih aman dan efektif dibandingkan dengan mencatatnya di dalam buku. Mencatat pelajaran di dalam buku bisa saja hilang, tentunya ini akan membawa kerugian dalam proses belajar.

Mudah Dalam Pengawasan

Saat anak berada di sekolah selama kurang lebih 8 jam setiap harinya orang tua tentunya tidak bisa mengawasi dari dekat. Tidak jarang banyak orang tua yang tidak mengetahui bagaimana perilaku anaknya di sekolah. Dengan belajar dan sekolah dari rumah maka orang tua akan lebih mudah untuk mengawasi anak-anak.

Orang tua bahkan bisa ikut mengarahkan bagaimana cara yang baik untuk mengerjakan tugas. Orang tua tidak perlu kuatir anaknya akan bersikap tidak baik dalam belajar karena mereka diawasi langsung.

BACA JUGA : 5 Cara Membantu Anak Belajar di Rumah Selama Masa Pandemi
Itulah beberapa keuntungan sekolah online yang dilakukan dari rumah selama libur di masa pandemi ini.




Pendidikan TERBARU


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment




Apakah Anda setuju jika Pulau Bawean menjadi kawasan pariwisata?



23.8%


76.2%

Total votes: 42
Vote



Pendidikan PILIHAN