30 Sep 2020
    Follow Us:  



Pendidikan

Susah Menghafal Pelajaran? Ikuti Trik Mudah Ini


Susah Menghafal Pelajaran? Ikuti Trik Mudah Ini


Menghafal merupakan salah satu cara belajar yang selalu dilakukan di sekolah. Hal ini karena beberapa mata pelajaran memang perlu untuk dihafal. Namun, sayangnya tidak semua anak memiliki kemampuan menghafal yang baik sehingga tidak dapat dipungkiri jika nilai mereka menjadi rendah.

Hal ini karena bagi sebagian anak, menghafal suatu pelajaran adalah hal yang begitu menyulitkan. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan cara belajar pada saat menghafal mata pelajaran yang memang perlu dihafal. Yuk simak trik mudah menghafal pelajaran berikut ini.

Trik Menghafal Pelajaran yang Mudah

  1. Berkonsentrasi,

    Kunci utama untuk dapat menghafal adalah dengan berkonsentrasi. Untuk itu usahakan menyimpan semua benda-benda atau kegiatan yang dapat mengganggu terpecahnya konsentrasi Anda. Misalnya saja menjauhkan segala perangkat elektronik atau gawai. Hal ini karena gawai dapat menggangu konsentrasi apabila ada panggilan atau pesan yang masuk. Selain itu, gawai juga dapat menarik untuk bermain.

    Selain menjauhkan semua alat komunikasi, usahakan pada saat belajar tidak sambil menonton televisi. Hal ini pasti akan membuyarkan konsentrasi anak-anak. Untuk itu, carilah tempat yang tenang dan nyaman untuk mulai menghafal pelajaran.
  2. Menulis ulang pelajaran,

    Menulis ulang pelajaran dengan tidak mengetiknya akan membuat ingatan lebih tajam. Syaratnya harus ditulis tangan. Hal ini karena kegiatan menulis dapat membuat fungsi otak yang berhubungan dengan kemampuan mengingat dan juga memahami pelajaran dapat meningkat. Tidak hanya itu, ketika Anda menulis sesuatu di kertas kemampuan mengingat akan menjadi lebih lama.

    Untuk mata pelajaran yang memang mengharuskan untuk dihafal hendaknya mulai menuliskannya di buku untuk membantu menghafal dan memahami serta mengingat materi lebih lama.
  3. Mengulang-ulang,

    Mengulang-ulang materi pelajaran merupakan salah satu cara menghafal pelajaran yang dapat anak-anak ataupun Anda lakukan. Sebisa mungkin mengulang setiap kalimat yang akan dihafal. Cara ini juga dapat membantu mencegah agar ingatan materi pelajaran tidak mudah menghilang. Mengulang-ulang pelajaran dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan yaitu dilakukan sambil bermain.

    Tidak hanya sambil bermain saja, namun juga dapat sambil melakukan kegiatan yang lain. Cara ini juga dapat Anda bantu agar anak-anak mudah dalam menghafal pelajaran mereka.
  4. Menghubungkan dengan hal yang disukai, Menghafal materi pelajaran akan semakin mudah jika dihubungkan dengan hal-hal yang disukai misalnya saja dengan tebak-tebakan. Cara ini dapat dilakukan bersama dengan teman-teman ataupun dengan keluarga. Melakukan hal ini sesering mungkin akan dapat meningkatkan kemampuan otak dalam memahami berbagai hal dan meningkatkan memori jangka panjang.
  5. Membuat ringkasan,

    Trik menghafal pelajaran berikutnya adalah dengan membuat ringkasan materi. Tentu hal ini akan membuat materi yang dihafal semakin sedikit. Untuk membuatnya mudah dihafal, buatlah peta ingatan sehingga materi semakin mudah diingat. Peta ingatan biasanya menggambarkan hal-hal yang berhubungan pada setiap materi.

    Ringkasan tidak hanya berbentuk peta ingatan saja, namun juga dapat berbentuk kartu-kartu kecil. Menuliskan materi singkat pada kartu kecil akan mudah dihafalkan karena otak tidak merespon banyak hal yang perlu diingat. Cara ini akan mempermudah untuk mengingat materi.
  6. Membuat jembatan keledai, Meskipun metode jembatan keledai merupakan cara lama dalam menghafal. Namun, cara ini masih ampuh untuk menghafal suatu pelajaran. Jembatan keledai akan membuat Anda lebih kreatif dan lebih menyenangkan dalam belajar. Metode ini menggunakan cara yaitu mengganti setiap kalimat dengan kata-kata yang familiar. Syaratnya tidak mengganti huruf pertama pada kata yang dihafal.




Pendidikan TERBARU


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment






Pendidikan PILIHAN