04 Agu 2020
    Follow Us:  



Pendidikan

5 Permainan Edukatif untuk Anak agar Tidak Bosan di Rumah


Engklek, permainan tradisional yang mulai punah

Terlalu lama di rumah saja membuat anak menjadi bosan dan ingin bermain di luar. Di masa wabah seperti saat ini membiarkan anak pergi jauh dari rumah cukup berisiko bagi mereka. Mengajak mereka melakukan permainan edukatif untuk anak mungkin bisa menjadi solusi yang tepat sekaligus menyenangkan. Bagaimanapun hal yang paling disukai oleh anak-anak adalah bermain.

BACA JUGA : Mengenal Metode Montessori, Cara Stimulasi Kemampuan Anak
Permainan edukatif selain akan menghilangkan rasa bosan akibat terlalu lama di rumah juga bisa meningkatkan kemampuan anak. Cukup banyak jenis permainan edukatif yang bagus dan bisa Anda coba mainkan dengan anak-anak di rumah. pilih jenis permainan yang sesuai dengan umur dan kondisi di rumah Anda. Bermain bersama juga bermanfaat untuk meningkatkan ikatan emosional dengan anak.

Apa sajakah jenis permainan edukatif untuk anak yang bisa dimainkan di rumah selama masa pandemi tersebut? Inilah daftarnya.

Permainan Edukatif Anak untuk Menghilangkan Rasa Bosan

Lego

Anda bisa membeli seperangkat permainan lego untuk dimainkan bersama anak selama mereka hanya di rumah saja. Permainan lego selain akan mengurangi rasa bosan juga sangat baik untuk menstimulasi kreativitas anak-anak. Ajarkan anak untuk menyusun dan membuat bentuk tertentu dari lego dan biarkan mereka berkreasi.

Dengan lego anak bisa membuat apa saja sesuai dengan imajinasi mereka. Anak-anak bisa membuat bentuk benda apapun yang disukai seperti mobil, rumah dan lainnya. Tugas orang tua cukup mengawasi saja dan mengarahkan kalau ada hal yang kurang tepat. Lego yang terdiri dari berbagai warna juga akan membantu meningkatkan kemampuan visual anak-anak.


Puzzle

Tidak jauh berbeda dengan lego, menyusun puzzle juga merupakan permainan edukatif untuk anak yang cocok diberikan selama masa pandemi. Permainan menyusun puzzle memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk perkembangan anak, yaitu :

  • Meningkatkan dan mengasah kemampuan berpikir atau kognitif
  • Melatih anak untuk menyelesaikan masalah
  • Melatih dan meningkatkan kemampuan motorik
  • Melatih keseimbangan tangan dan mata
Main Congklak

Congklak adalah permainan jadul yang sudah sangat jarang dimainkan saat ini. Justru karena itulah main congklak bisa menjadi hal yang seru dan menyenangkan bagi anak-anak. Sesuatu yang baru mereka lihat akan menjadi hal yang sangat menarik untuk dicoba. Anda bisa menggunakan congklak milik Anda dulu atau membeli yang baru.

Hal yang menarik adalah ternyata permainan congklak akan melatih kemampuan otak kiri dan berpikir logis pada anak. Congklak juga akan melatih ingatan anak dalam berhitung karena mereka harus menghitung biji yang dimasukkan ke dalam lubang. Ajak anggota keluarga lainnya agar menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Gobag Sodor

Terlalu lama di rumah membuat anak menjadi lebih jarang bergerak dan ini tentu saja kurang bagus bagi kesehatan dan motorik mereka. Nah, karena itulah tidak ada salahnya Anda mengajak anak melakukan permainan yang akan membuat mereka bergerak. Anda bisa ajak mereka main gobag sodor di halaman rumah. Gobag sodor juga akan melatih kemampuan anak dalam hal kerjasama tim.

Engklek

Permainan edukatif untuk anak lainnya yang bisa digunakan untuk melatih kemampuan motorik dan kinestetik yaitu engklek. Tidak perlu membuat engklek yang berukuran besar cukup yang kecil saja. Tidak harus juga bermain engklek di luar rumah karena Anda bisa membuat papan engklek di dalam rumah dengan menggambarnya di lantai.

BACA JUGA : Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris yang Tidak Membosankan
Beberapa jenis permainan edukatif untuk anak yang disebutkan di atas diharapkan bisa menghilangkan rasa bosan sekaligus meningkatkan kemampuan anak-anak.




Pendidikan TERBARU


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment