01 Agu 2021
    Follow Us:  



Lokal

Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua Sangkapura Bawean Dimulai. Begini Mekanismenya!


Vaksinasi pejabat publik di Kantor Kecamatan Sangkapura, Selasa (2/3/2021)

Vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Sangkapura Bawean sudah dimulai. Selasa (2/3/2021) 08.00 WIB di Kantor Kecamatan Sangkapura Bawean sudah dipenuhi oleh petugas medis dan sejumlah pejabat publik yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19.

Dalam keterangannya M Syamsul Arifin, S.Sos., M.M. Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Sangkapura berujar bahwa Vaksinasi tahap kedua ini diperuntukkan bagi pejabat publik (Anggota Kepolisian, Anggota Koramil, Anggota Kecamatan Sangkapura, Dinas Perhubungan Bawean, Kantor Urusan Agama Sangkapura), lanjut usia (lansia), dan tokoh masyarakat.

"Saat ini kita stok sebanyak 100 dosis vaksin dan prioritas ditahap kedua ini adalah pejabat publik, lansia dan tokoh masyarakat," ujarnya.


"Untuk staff kecamatan sendiri semuanya sudah terdata untuk divaksin, namun meski begitu juga harus melihat hasil screening saat proses vaksinasi. Jadi beberapa orang nantinya tidak bisa divaksin apabila terdeteksi penyakit tertentu," ungkap Arifin.

M Syamsul Arifin, S.Sos., M.M. usai divaksin mengaku bersyukur sebab dari meja pertama hingga ke empat proses vaksinasi berjalan aman. Selain itu Arifin meyakini bahwa vaksin yang digunakan aman.

"Alhamdulillah, setelah disuntik ndak terasa sama sekali. Efeknya juga normal saja ndak ada kendala apa-apa. Ya disuntik seperti biasa, prosesnya cepat ga sampe satu menit. Dan saya yakin vaksin ini aman karena sudah difatwakan halal oleh MUI dan sudah mengantongi izin resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan BPOM," tegas Arifin

Kepala UPT  Puskesmas  Sangkapura dr. Faizah Komala menjelaskan mekanisme vaksinasi, di lokasi ada empat meja yang disusun berurutan. Meja pertama untuk registrasi di mana calon penerima vaksin Covid-19 menunjukkan tiket dan KTP sebagai konfirmasi.

Kemudian, di meja kedua ada proses screening di mana petugas melakukan pemeriksaan terkait kondisi kesehatan calon penerima vaksin. Jika lolos proses berlanjut ke meja tiga di mana proses vaksinasi dilakukan. Terakhir di meja empat dilakukan pencatatan dan pemberian kartu vaksin.

"Untuk masyarakat umum kami sudah mendata semua instansi di Kecamatan Sangkapura, kemudian guru, kemudian pasar. Jadi saat ini kita juga sedang menunggu drop vaksin berikutnya dari Gresik, jadi mohon ditunggu saja," ungkap Faizah.




Lokal TERBARU


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment