11 Jul 2020
    Follow Us:  



Lokal

Mengenal Sumber Mata Air Membawa Berkah di Desa Grejeg Tambak


Proses pengepakan barang oleh salah seorang warga Desa Grejeg

Desa Grejeg, Tambak Bawean yang sudah dikukuhkan menjadi Desa Wisata Tangguh ternyata masih menyimpan banyak potensi lain, sumber mata air misalnya.

BACA JUGA : Kembali Dibuka, Wisata Kolam Renang Desa Grejeg Tambak Terapkan Standar New Normal
Memanfaatkan adanya sumber mata air bersih yang melimpah, Desa Grejeg melalui BUMDes Bina Usaha berhasil mematenkan 1 produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) modern dengan merk Jumasem.

Ketika ditanya oleh baweantoday.com kenapa memilih nama Jumasem? Kepala Desa Grejeg, Murtazam membeberkan bahwa Jumasem itu sendiri sebenarnya merupakan nama sumber mata air di desanya yang dikenal memiliki efek terapi khusus terhadap kesehatan.

Adanya sumber mata air Jumasem ini dimanfaatkan oleh Pemerintah Desa Grejeg untuk melakukan sebuah inovasi dan perubahan terhadap desa.

Terutama dalam hal pemberdayaan masyarakat. Selain itu Murtazam ingin tersedia lapangan kerja yang seluas-luasnya bagi masyarakat Desa Grejeg.



"Kita membangun ini sifatnya bukan bisnis oriented, tapi lebih kepada bagaimana Pemerintah Desa memberdayakan masyarakat desanya sendiri," tegasnya.

"Kita juga membeli beberapa unit mesin Reverse Osmosis (RO) untuk pengelolaan airnya. Dari 100 persen air yang masuk itu akan di filter kembali, nanti yang terserap biasanya sebanyak 40 persen," ungkap Murtazam.

Jumasem sendiri sudah mulai berdiri sejak 5 oktober 2019, hingga kini namanya sudah tercatat dalam izin resmi Dirjen Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kemenkumham.

Jumlah kapasitas produksi sudah mencapai sebanyak 5000 karton per bulannya. Dan angka itu telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding tahun sebelumnya.

Murtazam juga membeberkan omset dari hasil penjualan Jumasem ini yaitu Rp30 juta perbulan. "Yang pasti juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya," tuturnya.

BACA JUGA : Sasar Kaum Duafa, Polsek Tambak Gelar Bakti Sosial
Dan yang tak kalah hebatnya kemampuan membangun jaringan pasar yang luas dan pengelolaan kebanyakan dilakukan oleh warga mereka sendiri.

Hasilnya, selain membuat Desa Grejeg menjadi kondang karena memiliki pabrikan Air Mineral Dalam Kemasan, juga  menciptakan lapangan kerja dengan kapasitas yang sesuai dengan porsinya.




Lokal TERBARU


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment