05 Jul 2020
    Follow Us:  



Lokal

Desa Sawahmulya Sangkapura Sudah Mulai Membagikan BLT-JPS Untuk Warga Terdampak Covid-19


Dari Kiri ke dua ke kanan R Moh. Nur (Kepala Desa Sawahmulya), Samsul Bahri Penerima BLT Dusun Dayabata

Pemerintah Desa Sawahmulya, Sangkapura mulai membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Program Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang diperuntukkan bagi warga Sawahmulya non PNS yang terdampak Covid-19 pagi tadi Kamis (18/6/2020).

BACA JUGA : Siap Terapkan New Normal, Dinas Perhubungan Gresik Perketat Protokol Kesehatan Penyebrangan ke Pulau Bawean
Program BLT ini rencananya akan disalurkan sampai 3 bulan ke depan, yaitu bulan Juni, Juli, Agustus dengan kriteria penerima adalah warga non PNS terdampak Virus Corona.

Ada 7 dusun yang warganya mendapatkan bantuan tadi, yaitu Dusun Dayabata, Dusun Kebundaya, Dusun Kebunlaut, Dusun Lautsungai, Dusun Boom, Dusun Bangkalan, dan Dusun Sawahlaut.

Adapun jumlah nominal BLT-JPS yang didapatkan warga Sawahmulya adalah sebesar Rp200 ribu per KK terdaftar.



Kepala Desa Sawahmulya Raden Mohammad Nur menjelaskan bahwa bantuan yang didapatkan masyarakat dari masing-masing desa bisa berbeda-beda, hal itu tergantung dari Dana Desa yang diperoleh.

"Untuk beberapa desa di pulau Bawean yang masuk kategori desa tertinggal seperti Desa Dekatagung, Desa Suwari, dan lain-lain. Dana Desa yang mereka dapatkan mencapai angka Rp1,3 Milyar. Sedangkan Desa Sawahmulya hanya mendapatkan Dana Desa sebesar Rp840 juta," ungkap Nur.

"Dari angka 840 juta yang harus turun ke warga terdampak Covid itu hanya 30%. Jadi sekitar Rp200 juta" ungkapnya.

Nur menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mempermasalahkan dan membesar-besarkan masalah nominal yang didapat.

Ia mengakui bahwa di desa-desa lain mendapatkan nominal hingga mencapai angka Rp400 ribu per KK terdaftar. Hal itu dikarenakan besaran Dana Desa yang diperoleh.

BACA JUGA : Puluhan Mahasiswa Bawean Demo di Depan Kantor Kecamatan Sangkapura. Apa Yang Sebenarnya Terjadi?
Mohammad Nur dalam pembicaraannya juga menyampaikan permohonan maaf kepada warga Desa Sawahmulya. Ia menyampaikan bahwa staff desa sudah berusaha semaksimal mungkin namun semua yang bekerja hanyalah manusia biasa yang tidak luput dari khilaf.




Lokal TERBARU


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment