20 Okt 2020
    Follow Us:  



Teknologi

Waspada Serangan Siber! Manfaatkan Momen Covid-19 Untuk Lakukan Peretasan


Gambar ilustrasi

Laksana Budiwiyono selaku Country Manager Trend Micro Indonesia mengeluarkan sebuah pernyataan terkait peningkatan serangan siber dengan memanfaatkan momen pandemi Covid-19 di Indonesia.

Adapun caranya bervariasi, yaitu dengan melakukan sebuah kampanye cyberespionage potensial dengan julukan Project Spy.

BACA JUGA : Infrastruktur Digital Merupakan Kunci Era New Normal
Cara kerja kampanye ini adalah dengan menginfeksi perangkat di Android dan IOS menggunakan spyware. Spyware jenis ini mampu melakukan pencurian pesan dari platform yang populer sekalipun, selain itu juga mampu mencuri informasi SIM, wifi, dan masih banyak lagi.


Spyware jenis ini dibuat dalam bentuk aplikasi bernama Coronavirus Updates dan sudah diunduh di banyak negara Eropa dan Asia.

Tidak hanya itu, bentuk serangan siber dengan skema business e-mail compromise (BEC) yang berkedok Covid-19 sebagai daya tarik juga rawan dilakukan.

Cara kerja skema ini yaitu dengan melakukan penipuan, memaksa target agar mentransfer sejumlah uang kepada kepada seseorang. Jenis serangan ini berbentuk e-mail dengan embel-embel virus corona yang dikirimkan kepada target.

Peringatan Badan Sandi Siber Negara (BSSN)
BSSN telah merilis adanya peningkatan serangan virtual selama beberapa bulan ke belakang. Serangan tertinggi terjadi pada bulan Februari dengan total sebanyak 29.188.645 serangan.

BACA JUGA : Tutorial Aplikasi Zoom yang Viral Digunakan Untuk Rapat Online di Tengah Pandemi Virus Corona
Adapun jenis serangan yang dilakukan adalah 56 persen trojan activity, 43 persen information gathering, dan 1 persen web application attack. Dan tidak menutup kemungkinan juga adanya serangan jenis malware, phising, dan ransomeware.

Menanggapi hal tersebut BSSN akhirnya merilis sejumlah pedoman kepada pengguna internet agar terhindar dari kejahatan virtual.

  1. Waspada terhadap social engineering dan phising. Hindari membuka email dan tautan yang mencurigakan atau berasal dari sumber tidak terpercaya
  2. Selalu kunjungi sumber informasi resmi dari pemerintah terkait wabah Covid-19
  3. Lengkapi perangkat mobile/komputer dengan antivirus
  4. Tidak membagikan informasi kredensial dan data diri pribadi
  5. Membatasi akses perangkat yang digunakan untuk bekerja dari anak-anak dan anggota keluarga




Teknologi TERBARU


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment