23 Okt 2020
    Follow Us:  



Lokal

Cegah Virus Corona dengan Masker, Simak Penjelasan Berikut!


Sekarang ini, banyak pihak yang menyarankan penggunaan masker utamanya pada saat bepergian. Hal tersebut disinyalir bisa mengantisipasi penularan virus Corona, yang penularannya dari percikan air liur penderita ketika sedang bersin, batuk, bahkan ketika berbicara. Penularan terjadi melalui terhirupnya percikan liur orang lain di sekitar kita.

Namun penggunaan masker justru tidak mampu menurunkan angka pasien yang terjangkit Virus Corona karena salah dalam memilih masker dan asal dalam penggunaan. Sehingga hal itu justru membuat kita semakin rentan terhadap masuknya virus ke badan.

Dalam hal mencari masker sebagai alat yang mampu melindungi diri dari virus Corona kita tidak boleh sembarangan. Memang banyaknya pilihan masker dan info yang beredar tentunya membuat Anda kebingungan.

Sebenarnya Anda hanya perlu mengetahui fungsi dari masing-masing masker tersebut. Sehingga dalam penggunaanya mampu memberikan proteksi maksimal terhadap penggunanya.

Jenis masker itu beragam. Beberapa ada yang berfungsi untuk menangkal polusi namun belum mampu untuk menangkal penularan virus Corona. Sampai saat ini, ada beberapa jenis masker yang disarankan, karena dalam penggunaannya bisa menangkal masuknya virus Corona ke saluran pernapasan kita:


1. Masker N95

Masker jenis ini cenderung lebih mahal dari masker biasanya. Namun masker N95 tidak hanya mampu menangkal percikan liur saja, tapi partikel kecil di udara yang kemungkinan adalah virus juga mampu ditangkal. Designnya yang mampu menutup area mulut dan hidung, juga lebih ketat ketika digunakan. Meskipun masker N95 memiliki tingkatan proteksi yang tinggi namun kita tidak disarankan untuk menggunakannya setiap hari, karena bisa mengakibatkan seseorang sulit bernapas dan tidak bisa dipakai jangka panjang.

2. Masker Bedah

Masker bedah disebut juga surgical mask, merupakan jenis masker sekali pakai. Sering kita jumpai penggunaannya oleh tenaga medis. Masker bedah efektif penggunaannya apabila dipakai oleh orang sakit ketimbang orang yang sehat. Karena dari designnya terdiri dari 3 struktur lapisan:

  • Lapisan anti air di bagian terluar
  • Lapisan filter kuman di bagian tengah
  • Lapisan penyerap cairan di bagian dalam
Untuk mengantisipasi penularan wabah sangat tidak disarankan menggunakan masker yang tidak mengandung ketiga lapisan di atas. Karena partikel virus sangat kecil sehingga butuh masker khusus untuk menangkal masuknya partikel tersebut. Untuk masker bedah tergolong murah dan mudah di dapat dan memiliki sedikit kekurangan yaitu longgar di bagian sisi sehingga menjadi celah masuknya virus.

Cara Menggunakan Masker

kedua masker di atas merupakan masker yang direkomendasikan untuk mencegah penularan virus Corona karena manfaatnya yang efektif dirasakan jika digunakan. Namun harus disertai juga dengan cara pemasangannya yang benar:

  • Cuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun
  • Untuk masker bedah, pastikan lapisan dalam berwarna putih dan luar berwarna hijau
  • Pasang tali masker sebaik mungkin, jangan terlalu kendor dan jangan terlalu ketat
  • Pastikan menutupi area dagu, mulut, hidung dengan sempurna dan untuk bagian logam pas di batang hidung
  • Hindari untuk memegang bagian tengah saat melepaskan atau memasang masker




Lokal TERBARU


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment