04 Agu 2020
    Follow Us:  



Travel

8 Tips Aman Jika Terpaksa Bepergian di Masa Pandemi Covid-19


Gambar ilustrasi

Meski anjuran bekerja dari rumah sudah berjalan beberapa bulan, namun tidak semua perusahaan menerapkannya. Kenapa demikian? Karena ada beberapa jenis pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan dari rumah. Kondisi ini sebenarnya sangat berisiko meningkatkan penyebaran virus corona.

BACA JUGA : 6 Destinasi Wisata Budaya Virtual di Masa Pandemi Covid-19
Namun, jika Anda terpaksa harus bepergian di masa pandemi Covid-19 ini. Ada beberapa tips aman yang bisa diterapkan. Jika dijalankan dengan baik maka akan mengurangi risiko terinfeksi virus tersebut. Apa saja tips aman yang harus dijalankan? Supaya lebih lengkap, simak uraian di bawah ini.


8 Tips Aman Jika Terpaksa Bepergian di Masa Pandemi Covid-19

  1. Gunakan Kendaraan Pribadi, Sebisa mungkin saat bepergian menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini berguna untuk menghindari tertular-nya virus corona di transportasi umum. Seperti yang diketahui jika berada di transportasi umum sangat rentan tertular Covid-19.

    Apabila terpaksa menggunakan transportasi umum, maka pastikan mematuhi protokol kesehatan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah seperti menggunakan masker, menghindari menyentuh area wajah, mencuci tangan sesering mungkin dengan menggunakan sabun maupun hand sanitizer dan lain sebagainya.
  2. Check-in Online, Apabila menggunakan transportasi umum seperti kereta api atau pesawat, usahakan untuk melakukan check-in online dibandingkan dengan mengantre di depan loket. Check-in online dapat dilakukan melalui aplikasi maupun mesin yang disediakan secara on the spot. Langkah ini dapat meminimalisir interaksi dengan orang lain sehingga tidak tertular Covid-19.
  3. Gunakan Masker dan Sering Mencuci Tangan, Menggunakan masker atau penutup wajah merupakan hal yang wajib dilakukan ketika bepergian meskipun tidak menunjukkan gejala infeksi Covid-19. Masker dapat berfungsi melindungi penggunanya dari droplet atau cairan yang keluar dari penderita Covid-19.

    Ketika bepergian, seseorang dianjurkan mencuci tangan sesering mungkin baik dengan sabun lalu dibilas dengan air mengalir maupun dengan cairan hand sanitizer. Hal ini sangat diwajibkan terlebih ketika menggunakan sarana transportasi umum, karena rawan menyentuh benda di sekitarnya tanpa disadari.
  4. Membawa Bekal Makanan dan Minuman Sendiri, Tips aman bepergian di masa pandemi Covid-19 selanjutnya adalah membawa bekal makanan dam minuman sendiri. Membawa bekal sendiri dapat memperkecil peluang untuk bersinggungan dengan orang lain. Gunakan tempat peralatan makan dan minum yang ramah lingkungan, sehingga memperoleh manfaat ganda berupa menjaga kesehatan dan lingkungan.
  5. Menggunakan Pembayaran Digital, Ketika berbelanja atau melakukan pembayaran apapun usahakan memilih pembayaran yang dilakukan dengan digital. Hal ini dilakukan untuk menghindari media penyebaran virus karena uang tunai. Virus Corona dapat menyebar melalui media ini, meskipun masa hidup virus relatif singkat ketika menempel pada benda.
  6. Menyediakan Uang Tunai, Apabila harus bepergian di masa pandemi Covid-19 ke wilayah minim jaringan telekomunikasi terutama jaringan internet. Alangkah baiknya membawa uang tunai. Hal ini berguna untuk menjauhi mesin tarik tunai atau ATM. ATM merupakan salah satu tempat yang berpotensi menyebar luasnya infeksi Covid-19.
  7. Membawa Pakaian Cukup, Pastikan untuk membawa pakaian yang cukup bagi yang melakukan bepergian dengan waktu yang cukup lama. Apabila tidak menyediakannya maka berpeluang besar untuk berinteraksi dengan orang lain dan berpotensi terkena Covid-19. Selain itu, beberapa tempat juga melakukan kebijakan untuk menutup pusat-pusat perbelanjaan dalam rangka PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).
  8. SIKM (Surat Izin Keluar dan Masuk), Saat ini beberapa tempat sudah menerapkan kebijakan relaksasi, membuka beberapa jalur keluar masuk. Akan tetapi untuk masuk pada wilayah tersebut tidaklah mudah, harus ada SIKM terutama bagi para pengguna jasa transportasi kereta api dan pesawat. Apabila tidak membawa SIKM maka seseorang tidak diperkenankan untuk masuk ke wilayah tersebut.
BACA JUGA : 7 Tempat Wisata Yang Paling Dirindukan Selama Pandemi Covid-19. Simak Daftarnya!
Nah itulah 8 tips aman jika terpaksa bepergian di masa pandemi Covid-19. Diharapkan selalu menerapkan tips aman tersebut untuk membantu meminimalisir penyebaran Covid-19. Semoga pandemi virus corona segera berakhir supaya bisa kembali beraktivitas di luar rumah.




Travel TERBARU


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment






Travel PILIHAN