05 Jul 2020
    Follow Us:  



Lokal

Viral Fenomena Langit Berwarna Oranye di Pulau Bawean! Ini Penjelasan BMKG


Fenomena langit berwarna oranye di Pulau Bawean

Selasa (2/6/2020) jagat dunia maya kembali diviralkan sebuah fenomena langit berwarna oranye di sejumlah wilayah Pulau Bawean.

Banyak warganet mengunggah foto tersebut lewat media sosial Whatsapp dan Facebook, dan tak sedikit komentar warganet perihal fenomena langit berwarna oranye di Pulau Bawean yang dikaitkan dengan hal-hal yang tidak berhubungan bahkan terkesan tidak masuk akal dan mistis.

Baca juga : Insiden Perahu Nelayan Bawean Terbalik Saat Angkut Mahasiswa Malang Liburan

Berdasarkan akun Facebook @Kenzo Kenzo memposting gambar dengan keadaan langit berwarna merah dengan caption "Semoga ceppat hilang wabah ini kejadian tadi sore tggal 2-06-2020 pulau bawean, tetap jaga jarak hanya sekedar kasih info".



Berdasarkan penelusuran kami bahwa foto tersebut masih di wilayah Sangkapura Bawean.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bawean memberikan keterangan perihal kenapa langit berwarna oranye atau merah.

Menurutnya bahwa hal itu bermula dari sebuah partikel air ukuran kecil dalam jumlah banyak yang biasa kita sebut awan. Itu mampu membiaskan sinar matahari. Dan kebetulan sinar matahari sore warnanya adalah kemerah-merahan.

Sehingga hal itu mampu membuat spektrum warna matahari yang muncul berwarna oranye.

"Jadi memang dikarenakan pembiasan partikel air terhadap cahaya matahari dan ditambah intensitas hujan yang tinggi dan merata di pulau Bawean Selasa kemaren," ungkapnya.

BMKG juga menghimbau agar masyarakat tidak perlu panik apalagi sampai terpengaruh dengan mitos atau informasi yang menyimpang, karena sebenarnya fenomena seperti itu merupakan hal yang biasa terjadi.




Lokal TERBARU


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment