11 Jul 2020
    Follow Us:  



Nasional

Soal Siswa Belajar di Rumah. Ini Kata Mendikbud Nadiem


Siswa TK UMMA persiapan acara HUT PGRI di Pesanggrahan

Syaiful Huda selaku Ketua Komisi X DPR RI meminta kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim untuk memberikan terobosan belajar mengajar di masa pandemik Covid-19 sejak April lalu.

BACA JUGA : Jokowi Resmi Terbitkan Tapera. OJK Siap Pantau!
"Anak-anak sudah mulai jenuh. Orang tua jenuh. Kita butuh terobosan dari Kemendikbud, karena sudah dua bulan, dan makin tidak efektif daring," ungkap Syaiful (26/4).

Menanggapi hal tersebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mulai memberikan perhatian terhadap aspek psikologi siswa dalam proses belajar di rumah.



Salah satunya adalah Nadiem khawatir terhadap siswa yang akan merasa kesepian dalam belajar tidak hanya dari sisi kognitifnya.

Nadiem mengatakan pentingnya belajar di sekolah adalah anak-anak bisa melakukan interaksi sosial dengan orang lain. Dan itu tidak bisa kita anggap sepele.

Selain itu Mendikbud juga telah melakukan survei yang menyatakan bahwa banyak anak yang sudah tidak sabar untuk segera kembali melakukan aktivitas di sekolah.

Nadiem mengakui semakin tinggi usia siswa (mahasiswa) maka akan semakin mandiri dalam kegiatan belajar, namun semakin rendah usia siswa maka membutuhkan perlakuan khusus agar siswa bisa mandiri.

BACA JUGA : Prakerja.org tandingi Prakerja Versi Pemerintah. Pelatihannya Gratis?
"Proses pembelajaran bagi anak kecil bukan hanya tentang kognitif proses. Tapi ada yang namanya emotional connection antar dia dengan mentornya. Jadi kalau dia percaya dengan gurunya, maka pembelajarannya akan terstimulasi lebih besar," ungkap Nadiem.




Nasional TERBARU


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment




Apakah Anda setuju jika Pulau Bawean menjadi kawasan pariwisata?



23.8%


76.2%

Total votes: 42
Vote