11 Jul 2020
    Follow Us:  



Kesehatan

Pentingnya Melakukan Medical Check Up secara Rutin


Gambar ilustrasi

Dengan makin banyaknya jenis penyakit serius yang ada saat ini, medical check up menjadi kebutuhan yang penting untuk dilakukan. Sayangnya, hal ini sering diabaikan terutama ketika tubuh dirasa sehat-sehat saja. Padahal bisa jadi ada kondisi dalam tubuh yang kurang baik, tetapi tidak tampak atau tidak dirasakan. Selain itu, melakukan pengecekan kesehatan secara berkala memiliki banyak manfaat.

BACA JUGA : 5 Resolusi Gaya Hidup Sehat di Masa Pandemi

Manfaat Medical Check Up secara Berkala

Tidak seperti di negara-negara maju, pemeriksaan kesehatan menyeluruh belum menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Hanya sebagian penduduk di kota besar yang sudah melakukannya secara rutin. Menurut beberapa sumber, selain penting untuk menjaga kesehatan jangka panjang, banyak manfaat yang bisa didapat dengan melakukan medical check up secara teratur.

  1. Mendeteksi Gangguan Kesehatan Sejak Dini,

    Pemeriksaan medis tidak hanya penting untuk mengetahui tingkat kesehatan, tetapi juga untuk mendeteksi adanya gangguan dalam tubuh secara lebih dini. Tidak semua penyakit serius menimbulkan gejala yang tampak dari luar atau dirasakan oleh penderitanya, terutama jika masih berada di tahap awal.

    Dengan mengetahui keberadaan penyakit lebih dini, dokter akan bisa mengambil tindakan antisipatif secara cepat dan tepat untuk mencegah penyakit berkembang makin parah. Dengan demikian, peluang untuk sembuh juga makin besar.
  2. Mencegah Penyakit Bertambah Parah,

    Pada tahap awal proses pemeriksaan kesehatan, Anda akan menjalani screening yang terkait dengan usia, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan gaya hidup yang dijalani. Selanjutnya, dilakukan beberapa tes kesehatan yang akan sangat membantu dokter untuk mendeteksi kemungkinan adanya penyakit serius.

    Jika ternyata ditemukan penyakit yang mengarah pada kondisi lebih serius, dokter biasanya akan merekomendasikan pemeriksaan lanjutan. Anda akan diarahkan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis yang tepat dan jika dibutuhkan, dokter spesialis akan melakukan tindakan.
  3. Meminimalkan Anggaran Kesehatan, Tak jarang orang merasa enggan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dengan alasan biaya yang dikeluarkan cukup mahal. Padahal, jika dibandingkan dengan saat sakit parah, biaya yang dikeluarkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan jauh lebih murah.
  4. Memberikan Data Riwayat Medis, Riwayat medis (medical record) sangat penting bagi siapa saja. Dokumen ini berisi riwayat kesehatan lengkap yang akan sangat membantu dokter dalam menentukan langkah yang harus diambil untuk mengatasi penyakit yang sedang diderita.
  5. Mengontrol Gaya Hidup Sehat, Walaupun sudah menjadi kebiasaan, gaya hidup sehat pun tetap harus dikontrol. Agar bisa mengetahui apakah Anda masih berada di jalur yang benar, lakukan evaluasi dengan cara menjalani medical check up secara teratur. Jika ternyata ada indikasi pelanggaran gaya hidup sehat, Anda bisa segera memperbaikinya.
  6. Memberikan Rasa Tenang, Manfaat lain pemeriksaan kesehatan yang mungkin tidak disadari adalah memberikan rasa tenang. Ketika pemeriksaan kondisi kesehatan menunjukkan hasil sangat baik, Anda pasti akan merasa tenang.


Apa Saja yang Diperiksa?

Anda yang belum pernah menjalani pemeriksaan kesehatan menyeluruh mungkin masih bertanya-tanya tentang jenis pemeriksaan yang akan dijalani. Berikut ini penjelasan singkatnya :

BACA JUGA : Tips Berobat ke Rumah Sakit dengan Aman di Tengah Wabah
  • Echocardiografi: pemeriksaan yang dilakukan dengan bantuan alat yang bekerja menggunakan gelombang suara ultrasonik untuk menghasilkan gambar yang menunjukkan kondisi jantung.
  • Radiologi: pengambilan gambar/foto dengan menggunakan sinar radioaktif atau sinar-X yang hasilnya sangat penting untuk mendiagnosis penyakit secara akurat.
  • Laboratorium: terdiri dari banyak jenis pemeriksaan, seperti pemeriksaan hematologi, urine, dan tinja.
  • Kolesterol: dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit serius akibat kolesterol tinggi.
  • Gula darah: penting untuk mencegah diabetes dan sebelumnya Anda akan diminta untuk berpuasa minimal 8 jam.
Mengingat begitu pentingnya manfaat pemeriksaan kesehatan, maka sudah seharusnya medical check up menjadi agenda rutin yang harus dijalani. Hilangkan anggapan bahwa pemeriksaan kesehatan secara berkala hanya membuang-buang uang.




Kesehatan TERBARU


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment




Apakah Anda setuju jika Pulau Bawean menjadi kawasan pariwisata?



23.8%


76.2%

Total votes: 42
Vote