21 Sep 2020
    Follow Us:  



Pendidikan

Mulai Bosan Belajar dari Rumah? Intip Tips Berikut Ini


Gambar ilustrasi

Kegiatan belajar saat ini dialihkan di rumah. Hal ini merupakan salah satu usaha untuk memutus rantai penularan virus Corona. Kebijakan ini diterapkan mulai pada jenjang pendidikan terendah hingga tertinggi, yaitu mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga kuliah. Semua pelajar diwajibkan untuk tetap di rumah dan belajar dengan sistem remote. Pembelajaran dilakukan secara online dengan bantuan smartphone.

BACA JUGA : 5 Permainan Edukatif untuk Anak agar Tidak Bosan di Rumah

Hampir dua bulan semua siswa belajar dari rumah, rasa bosan pasti akan melanda karena kebiasaan mereka bertemu untuk belajar dan bermain bersama teman-teman mulai dirindukan. Namun, tentu saja keinginan tersebut tidak dapat begitu saja terlaksana. Hal ini karena masa pandemi belum berakhir dan belum memungkinkan untuk bersekolah normal. Untuk mengatasi rasa bosan, yuk simak tips berikut ini.


Tips Asyik Belajar dari Rumah

  1. Variasi suasana,

    Tips pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuat variasi dalam suasana belajar sehingga anak-anak tidak merasa bosan belajar. Sebisa mungkin ganti-gantilah tempat belajar, jadi tidak hanya di meja belajar kamar anak. Namun, juga kadang-kadang ajak anak Anda belajar di ruang tamu, ruang keluarga ataupun di taman rumah. Selain itu, juga dapat belajar sambil bermain.

    Tidak hanya belajar dengan berpindah-pindah tempat saja, namun juga dapat menata ulang tempat belajar anak Anda. Hal ini akan membuat suasana belajar yang berbeda sehingga anak-anak akan lebih betah untuk belajar meskipun tidak dapat bersekolah.
  2. Belajar dengan alam,

    Belajar dengan alam merupakan salah satu metode belajar yang akan menyenangkan untuk anak-anak. Apalagi mereka dapat mengenal langsung apa yang mereka pelajari. Oleh karena itu, manfaatkanlah tanaman yang Anda tanam di taman rumah sebagai variasi metode pembelajaran bagi anak-anak. Sebisa mungkin selalu menemani mereka untuk belajar agar mereka tidak merasa bosan karena sendirian.

    Ikutlah belajar mata pelajaran mereka sehingga Anda dapat mengikuti apa yang sedang dipelajari anak-anak. Jika memungkinkan untuk belajar dengan alam, mulailah membuat variasi dengan belajar mengunakan tanaman hidup.
  3. Membuat jadwal,

    Belajar dari rumah tentu saja tidak akan terikat oleh waktu sehingga membuat belajar menjadi lebih membutuhkan niat yang besar. Untuk mencegah hal itu terjadi, buatlah jadwal untuk belajar, istirahat dan bermain. Sebisa mungkin taatilah jadwal yang dibuat tersebut agar semua tugas sekolah dapat terselesaikan dengan baik. Tidak hanya jadwal belajar, jadwal untuk istirahat dan bermain juga perlu ditaati.

    Ketika belajar di rumah, istirahat sejenak untuk menjeda agar tidak terlalu stres saat belajar. Tidak hanya itu, sempatkanlah untuk video call dengan teman sekolah sehingga komunikasi tetap terhubung. Selain itu, juga untuk mengetahui kabar sesama teman.
  4. Melakukan kegiatan bersama,

    Melakukan kegiatan bersama akan semakin menyenangkan jika harus belajar dari rumah dalam waktu yang lama. Kesempatan ini akan bagus untuk membangun hubungan yang semakin akrab antara orang tua dan anak. Untuk itu, sebisa mungkin perbanyak kegiatan bersama dengan anak Anda dalam kesempatan apapun agar tidak bosan selama di rumah saja.

    Kegiatan bersama akan semakin menyenangkan ketika semua keluarga dapat bekerja sama. Ayah, ibu, kakak dan adik melakukan kegiatan bersama-sama, misalnya makan, beribadah dan bermain. Tentu kegiatan seperti ini akan sulit dilakukan sesering mungkin ketika masa pandemi berakhir. Oleh karena itu, pada saat ini benar-benar manfaatkan waktu bersama dengan cara yang terbaik.
BACA JUGA : Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris yang Tidak Membosankan
Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah selalu memberikan edukasi kepada anak-anak tentang perkembangan virus Corona dan cara mencegah yang benar. Selain itu, selalu mencuci tangan dengan sabun dan hidup bersih perlu diterapkan..




Pendidikan TERBARU


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment






Pendidikan PILIHAN