04 Agu 2020
    Follow Us:  



Kesehatan

Menjaga Kolesterol Normal Setelah Lebaran? Coba Tips Berikut


Berbicara tentang lebaran atau Hari Raya Idul Fitri selalu identik dengan yang namanya makanan berkolesterol tinggi. Umumnya kolesterol tinggi tersebut dihasilkan dari makanan yang mengandung lemak jahat. Nah, agar level kolesterol dalam tubuh tetap berada di angka normal, maka Anda harus menerapkan berbagai macam langkah. Lalu, apa saja langkah untuk menjaga kolesterol normal?

Seperti yang diketahui, kolesterol merupakan salah satu masalah yang paling ditakuti oleh mereka yang sudah berusia lanjut. Kolesterol yang tinggi tentu saja sangat berbahaya untuk kesehatan apalagi jika tidak ditangani dengan baik. Beberapa penelitian menyebutkan akibat yang ditimbulkan karena kolesterol yang tinggi seperti penyumbatan arteri, stroke, serangan jantung dan masih banyak lagi.

Tips Menjaga Kolesterol Normal Setelah Hari Raya Idul Fitri

Rutin Berolahraga

Tips pertama yang bisa Anda terapkan untuk mengontrol kolesterol dalam tubuh yaitu dengan rajin berolahraga. Sudah bukan rahasia umum lagi jika olahraga memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Banyak ahli menganjurkan untuk berolahraga karena dapat membakar lemak-lemak yang dapat menimbulkan beragam penyakit.

Salah satu manfaat lainnya dari berolaharaga yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan melakukan olahraga sekitar 30 menit setiap hari ternyata dapat meningkatkan kolesterol baik dan juga mengurangi risiko terserang penyakit jantung.

Konsumsi Omega 3s


Tips selanjutnya untuk menjaga kolesterol normal yaitu dengan banyak mengonsumsi Omega 3s. Asam Lemak Omega 3s merupakan salah satu jenis lemak tak jenuh yang dapat menyehatkan jantung. Biasanya kandungan Omega 3s ini banyak sekali ditemukan dalam suplemen makanan laut dan juga minyak ikan.

Selain itu, lemak baik ini juga banyak ditemukan pada beberapa jenis ikan seperti salmon, makerel dan tuna laut. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan mengonsumsi Omega 3s secara rutin dapat menurunkan risiko terserang penyakit arteri koroner sekitar 20%. Jadi tunggu apalagi? Bagi Anda yang ingin tingkat kolesterol tubuh normal pastikan untuk mengonsumsi asam lemak yang satu ini.

Konsultasikan ke Dokter

Selain olahraga dan mengonsumsi Omega 3s, tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kolesterol tetap normal yaitu dengan mengonsultasikan nya ke dokter. Jangan lupa untuk mengonsultasikan ke dokter yang ahli dalam bidang yang satu ini.

Dengan berkonsultasi ke dokter tentu Anda dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan karena semua masalah sudah tertangani lebih awal. Biasanya dokter akan memberikan suplemen dan vitamin untuk membantu Anda menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Diet Rendah Lemak

Satu lagi cara menjaga kolesterol normal yaitu dengan melakukan diet rendah lemak. Nah, bagi Anda yang ingin menurunkan kolesterol jahat dengan cepat maka disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh ganda. Apa saja makanan yang mengandung lemak tak jenuh?

Adapun makanan yang mengandung lemak tak jenuh ganda seperti kacang-kacangan, alpukat, almond, olive oil dan masih banyak lagi. Mumpung masih edisi lebaran maka segera kondisikan kolesterol dalam tubuh agar berada di level normal. Dengan selalu berusaha mengontrol angka kolesterol jahat dalam tubuh tentu kesehatan Anda tetap terjaga dan mengantisipasi terserang penyakit berbahaya.

Demikian informasi seputar cara menjaga kolesterol normal mulai dari berolahraga rutin, diet rendah lemak, konsumsi Omega 3s hingga melakukan konsultasi ke dokter spesialis. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda untuk mengontrol kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Selamat mencoba!




Kesehatan TERBARU


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment