23 Okt 2020
    Follow Us:  



Pendidikan

Mengenal Metode Montessori, Cara Stimulasi Kemampuan Anak


1000 hari pertama masa pertumbuhan anak-anak merupakan masa-masa emas untuk mereka. Oleh karena itu, semua stimulus untuk meningkatkan kemampuan mereka sebaiknya mulai dilakukan. Harapannya ketika mereka menginjak usia balita telah mampu beradaptasi dengan baik. Namun, cara memberikan stimulusnya pun juga tidak begitu ketat seperti masa sekolah nantinya.

BACA JUGA : 5 Cara Belajar Efektif Saat Anak Sekolah dari Rumah
Pembelajaran yang diberikan kepada anak-anak yang berusia dini hendaknya menyenangkan dan tidak seperti sedang belajar, namun bermain. Hal ini akan membuat mereka menyukainya sehingga kemampuan mereka dapat berkembang optimal. Salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan stimulus belajar mereka yaitu dengan menggunakan metode Montessori. Yuk simak ulasannya berikut.

Mengenal Metode Montessori

BACA JUGA : 30 Universitas Terbaik Indonesia 2020. Termasuk?
  1. Belajar dengan mengekplorasi,

    Montessori merupakan salah satu metode mendidik anak-anak usia dini dengan cara membantunya sehingga setiap anak mampu meraih potensinya pada semua bidang kehidupan. Cara ini mempercayai bahwa setiap anak mampu mengajari dirinya sendiri untuk dapat menguasai suatu keterampilan. Dr. Maria Montessori, sang penemunya mempercayai bahwa setiap anak memiliki kemampuan belajar sendiri.

    Metode ini tidak hanya dapat dilakukan di sekolah saja, namun juga dapat dilakukan orang tua di rumah untuk mempersiapkan anak-anak mereka masuk sekolah. Hal ini karena salah satu aspek yang dipelajari dengan menggunakan metode ini yaitu kehidupan sehari-hari. Untuk itu, orang tua dapat mengenalkan berbagai kegiatan sederhana yang dilakukan setiap hari di rumah.
  2. Prinsip metode Montessori, Pada prinsipnya, metode pembelajaran ini menggunakan pendekatan perseorangan dalam belajar. Setiap anak dipersilakan unutk memilih kesukaan mereka dalam belajar. Pada saat belajar mereka harus didampingi baik oleh orang tua ataupun guru mereka. Anak-anak dipupuk untuk meningkatkan rasa keingintahuan mereka terhadap sesuatu sehingga mereka berani mengeksplorasi diri sendiri saat belajar.

    Setiap keterampilan dan kegiatan yang telah dilakukan anak-anak dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari hingga mereka dewasa. Oleh karena itu, setiap hal yang dipelajarinya merupakan bekal untuk mereka saat dewasa nanti. Hal-hal yang dipelajari dimulai dari yang paling sederhana kemudian akan meningkat hingga hal yang rumit.
  3. Memiliki 5 bidang utama, Metode Montessori mengajarkan 5 bidang utama yaitu kemampuan bahasa, matematika, sensoris, budaya dan kehidupan sehari-hari. Bidang bahasa akan melatih anak-anak dalam berkomunikasi. Mereka dilatih untuk dapat menyampaikan pendapat, kesan, keluhan ataupun bercerita tentang berbagai hal yang ditemuinya dalam kehidupan sehari-hari. Cara ini dapat dilakukan untuk memupuk kemampuan verbal.

    Pada bidang matematika, anak-anak mulai dikenalkan dengan bentuk angka dan mengenal berbagai angka. Tidak hanya berupa angka saja, namun juga mengenal jumlah benda-benda yang selalu dibawa mereka ataupun benda di sekitar mereka. Cara ini dapat memupuk kemampuan analisis mereka. Belajar angka tidak hanya dihafal atau dengan benda sekitar saja, namun juga dapat melalui permainan.

    Bidang budaya, diajarkan bagaimana sopan santun dengan sesama dan orang yang lebih tua. Berbagi kepada orang lain dan mengantri juga dapat diajarkan sedini mungkin. Selain itu, saling memaafkan ketika salah juga diajari pada bidang ini. Hal ini untuk memupuk rasa simpati dan empati mereka. Berikutnya yaitu sensoris yang berkaitan dengan panca indra mereka.

    Anak-anak diajarkan untuk mengenal benda-benda yang berbentuk kecil hingga besar, seperti pasir hingga balok yang besar. Selain itu, mereka juga dikenalkan cara memasukkan benda-benda ke dalam wadahnya. Untuk bidang kehidupan sehari-hari, anak-anak akan diajari untuk memakai baju sendiri, menalikan sepatu, makan dengan baik dan berbagai kegiatan yang biasa dikerjakan di rumah.




Pendidikan TERBARU


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment






Pendidikan PILIHAN