23 Okt 2020
    Follow Us:  



Kesehatan

Kelemahan Virus Corona Yang Penting Anda Ketahui


Salah satu pemicu turunnya daya tahan tubuh seseorang adalah perasaan khawatir yang berlebihan, sehingga menyebabkan ketakutan pada diri seseorang.

Perasaan khawatir itu penting adanya agar meningkatkan kewaspadaan seseorang terhadap sesuatu.

Seperti halnya kekhawatiran seseorang terhadap virus corona, yang semakin hari semakin ditampakkan di sosial media. Agar tidak terlalu khawatir ada baiknya kita mengetahui kelemahan dari virus corona itu sendiri.


Baca juga : Sebelum Terlambat, Deteksi Gejala dan Kenali Penyabab Virus Corona

Selama ini, para petugas kesehatan, peneliti dan ilmuwan, telah memberikan cara mencegah penularan virus corona atau Covid-19. Dan hal itu bisa mereka peroleh dari hasil penelitian mereka terhadap kelemahan virus corona itu sendiri.

Apa kelemahan virus corona?
Belum ditemukannya vaksin untuk mengatasi dan mencegah penyakit ini menjadikan banyak orang merasa khawatir. Terlebih dengan cara penularannya yang brutal dan cepat. Sehingga tidak sedikit orang yang merasa terancam dan perlu adanya tindakan yang bisa menangkal datangnya virus corona.

Meski begitu, kita masih bisa memanfaatkan satu sisi dari kelemahan virus corona untuk memutus rantai penularan.

  1. Mati terhadap pelarut lemak. Pelarut lemak di sini adalah sabun yang biasa kita gunakan. Saat terkena sabun, virus corona bisa mati dan kemudian hilang. Hal itu dikarenakan susunan virus corona sendiri yang terdiri dari DNA yang merupakan inti virus, protein yang merupakan bahan baku virus sehingga bisa memperbanyak diri, dan lapisan lemak sebagai pelindung bagian luar. Di mana ketiga bagian ini tidak terikat dengan kuat. Sehingga ketika bagian lemak virus corona terkena sabun akan menyebabkan tubuhnya hancur dan mati. Jadi, himbauan mencuci tangan adalah langkah yang efektif dalam pencegahan.
  2. Bisa dikalahkan oleh antibodi. Tingkatan infeksi virus corona bervariasi, mulai dari level ringan hingga yang terparah. Untuk beberapa kasus penderita level ringan bisa sembuh dengan sendirinya dengan catatan memiliki daya tahan tubuh yang baik. Ini tandanya sebenarnya tubuh kita memiliki senjata yang berupa antibodi untuk melawan virus yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga sangat penting bagi kita untuk menjaga daya tahan tubuh dan menerapkan pola hidup sehat. Memang masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut terkait pola kerja antibodi manusia terhadap virus corona.
  3. Rentan mati terhadap cairan disinfektan. Akhir-akhir ini diketahui karakter dari keluarga  corona virus yang ada beberapa kemiripan. Yaitu mereka lemah terhadap cairan disinfektan. Kabar baiknya adalah virus ini akan mengalami fase nonaktif apabila terkena cairan disinfektan dengan kadar-kadar tertentu. Oleh karenanya menyemprotkan cairan disinfektan juga merupakan cara yang benar untuk melawan penyebaran virus corona.
  4. Melemah di suhu panas. Memang belum ada penelitian yang menyebutkan secara gamblang, namun untuk beberapa kasus virus corona penyabab penyakit SARS telah terbukti bisa lemah pada suhu panas tertentu.
  5. Tidak bertahan lama dipermukaan. Virus corona tidak cukup kuat untuk menginfeksi tubuh manusia apabila terlalu lama dipermukaan. Kelemahan-kelamahan seperti ini penting untuk kita ketahui sebagai pengetahuan untuk menjaga diri kita dan keluarga dari penyebaran virus corona.
Jangan panik dan selalu lakukan pencegahan untuk meminimalisir tingkat penularan virus corona!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Kelemahan Virus Corona yang Bisa Dimanfaatkan untuk Cegah Penularan"




Kesehatan TERBARU


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment