21 Sep 2020
    Follow Us:  



Teknologi

Infrastruktur Digital Merupakan Kunci Era New Normal


Teknologi 5G

Di era digitalisasi sekarang ini kecepatan jaringan sebuah data sangat diperlukan. Terlebih di era sekarang yang sudah memasuki era 4G sekaligus menghadapi era 5G.

Jika kita masuk sedikit ke area pelosok Indonesia, masih banyak ditemukan daerah yang belum tercover dengan baik jaringan 4G ini. Dan itu menjadi kendala tersendiri bagi pelaku usaha dalam menyambut perubahan era baru atau new normal.

BACA JUGA : UKT Jalan Kuliahnya Rebahan, Tagar #MendikbudDicariMahasiswa Trending
Maklum, julukan Indonesia sebagai negara kepulauan yang penduduknya tersebar ke berbagai pelosok. Ditambah medan yang merupakan area pegunungan dan perbukitan yang menyulitkan dalam pembangunan infrastruktur.


Lantas, apakah persoalan jaringan ini akan menjadi permasalahan utama dalam menghadapi era new normal? sedangkan pemerintah sudah harus melakukan pembaruan pada infrastuktur, terutama di bagian central data mereka.

Jika era new normal lebih menuntut untuk meminimalisasi tatap muka dan meningkatkan sistem online, maka hal tersebut perlu diimbangi dengan sebuah perubahan pada central data di pemerintahan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, melalui Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan sebuah terobosan baru dengan membangun Kota Cerdas (Smart City) dalam rangka mendukung ketahanan pelayanan publik dalam menghadapi Covid-19. Dan hal itu dilakukan dengan menggandeng Universitas Telkom dan Cisco sebagai partner mereka.

Selasa (2/6) Ridwan menjelaskan bahwa "di masa genting penanganan COVID-19, dukungan platform teknologi informasi dan komunikasi yang matang dapat menunjang efisiensi, kecepatan penyampaian informasi, keterjangkauan dan transparansi pada layanan-layanan publik Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat".

Terobosan ini patutlah kita berikan apresiasi. Dengan harapan, akan diikuti oleh Pemerintah Daerah lainnya. Terlebih di era new normal ke depan yang lebih memprioritaskan strategi pelayanan secara online dibanding dengan tatap muka.




Teknologi TERBARU


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment