11 Jul 2020
    Follow Us:  



Kesehatan

Atasi Kulit Kering Akibat Pakai Hand Sanitizer Saat Pandemi


Gambar ilustrasi



Tahukah Anda salah satu akibat yang ditimbulkan dari penggunaan hand sanitizer yang cukup sering yaitu kulit menjadi kering. Meski begitu kebanyakan orang masih suka menggunakan han sanitizer untuk cuci tangan karena dianggap lebih praktis dan bisa dibawa ke mana saja. Nah, untuk atasi kulit kering akibat pemakaian hand sanitizer saat pandemi corona, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

BACA JUGA : Pentingnya Melakukan Medical Check Up secara Rutin

Seperti yang diketahui, sebentar lagi kita akan memasuki era New Normal atau tatanan kehidupan baru. Ketika memasuki kehidupan baru tersebut cuci tangan menjadi hal yang penting untuk dilakukan agar terhindar dari virus corona atau Covid-19. Nah, agar kulit Anda tetap lembap meski sering cuci tangan menggunakan hand sanitizer, Berikut ini kebiasaan yang harus Anda terapkan mulai dari sekarang.

Atasi Kulit Kering Akibat Hand Sanitizer dengan Cara Berikut

Gunakan Pelembap

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi efek dari seringnya pemakaian hand sanitizer yaitu menggunakan pelembap tangan. Bagi Anda yang sering menggunakan hand sanitizer saat beraktivitas diluar ruangan akan merasakan kulit kering pada area tangan. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa memakai pelembap tangan saat kondisi kulit masih lembap atau setengah kering.

Dengan menggunakan pelembap tangan tersebut, Anda dapat mengunci air sehingga kelembapan kembali ke dalam kulit. Untuk itu, bagi Anda yang sekarang ini belum terbiasa menggunakan pelembap setelah pemakaian hand sanitizer pastikan untuk mencobanya mulai dari sekarang ya!

Pakai Pelembap Khusus Tangan

Meski terdengar sepele, cara atasi kulit kering akibat pemakaian hand sanitizer berikutnya yaitu memilih pelembap yang sesuai dengan kebutuhan. Perlu diketahui, dalam memilih pelembap tangan tidak boleh dilakukan secara sebarangan. Dalam hal ini Anda harus memastikan bahwa bahan-bahan yang terkandung dalam pelembap tersebut aman dan nyaman digunakan.

Beberapa kandungan yang wajib Anda pada pelembap yang bagus untuk tangan seperti ceramists, petrolatum, dimethicone dan lain sebagainya. Ketiga bahan tersebut terbukti dapat membuat kulit tidak mudah kering. Selain menjaga kelembapan kulit, kandungan ceramists, petrolatum dan dimethicone juga dipercaya dapat membantu lapisan kulit menyimpan air dan mengurangi iritasi.

Cuci Tangan dengan Air dan Sabun

Cara atasi kulit kering berikutnya yang juga bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu mencuci tangan dengan air dan sabun. Tidak dapat di pungkiri bahwa aktivitas mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun jauh lebih baik dibandingkan hanya dengan menggunakan hand sanitize. Mengapa demikian?

Hal tersebut karena dengan mencuci tangan menggunakan sabun seluruh celah tangan akan terbasuh secara sempurna. Sehingga kuman atau bakteri yang ada di tangan dapat terangkat secara optimal. Untuk Anda yang sering menggunakan hand sanitizer, sebaiknya untuk membiasakan cuci tangan saat berada di rumah atau dalam ruangan.

Karena begitu menakutkan nya virus corona ini, maka semua dihimbau untuk menerapkan beberapa hal.  Seperti social distancing, cuci tangan dengan sabun, hingga pembatasan sosial untuk menekan angka penyebaran virus corona semakin besar. Agar pandemi ini segera berakhir maka dibutuhkan kesadaran semua pihak untuk menerapkan beberapa peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

BACA JUGA : 5 Resolusi Gaya Hidup Sehat di Masa Pandemi
Itulah beberapa ulasan tentang cara atasi kulit kering akibat dari seringnya pemakaian hand sanitizer saat pandemi ini. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membuat kita semakin sadar bahwa butuh peran kesadaran pada masing-masing individu untuk bisa memerangi virus corona yang sudah banyak menelan banyak jiwa ini.




Kesehatan TERBARU


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment




Apakah Anda setuju jika Pulau Bawean menjadi kawasan pariwisata?



23.3%


76.7%

Total votes: 43
Vote