21 Sep 2020
    Follow Us:  



Pendidikan

5 Cara Membantu Anak Belajar di Rumah Selama Masa Pandemi


Gambar ilustrasi


Mungkin saat ini banyak orang tua yang merasa bertambah bebannya ketika harus menjadi guru bagi anak-anak di rumah. Ya, sejak adanya wabah penyakit yang mengerikan memang anak-anak libur sekolah dan harus belajar dari rumah. Namun sebenarnya selama orang tua mengetahui bagaimana cara membantu anak belajar di rumah semuanya akan lebih mudah.

BACA JUGA : Mulai Bosan Belajar dari Rumah? Intip Tips Berikut Ini

Memang kondisi dimana anak-anak harus belajar di rumah sebagai pengganti kegiatan KBM di sekolah menjadi hal baru bagi orang tua. Banyak orang tua yang kemudian merasa pusing dan bingung bagaimana caranya membantu anak belajar. Akibatnya jika orang tua tidak mampu membantu anak belajar sebagaimana mestinya dikuatirkan prestasi anak akan menurun.

Itulah mengapa setiap orang tua seharusnya mengetahui cara membantu anak belajar di rumah yang efektif, seperti berikut ini.

Tips untuk Membantu Anak Belajar di Rumah

Buatlah Jadwal Belajar Secara Teratur

Meskipun di rumah bukan berarti anak bisa seenaknya saja dalam belajar dan membuat tugas yang diberikan oleh gurunya. Rumah seharusnya bisa menggantikan fungsi sekolah bagi anak dimana ada jadwal yang harus diikuti. Nah, karena itulah memang sebaiknya Anda membuat jadwal yang teratur untuk belajar dengan mereka.

Anda bisa membuat jadwal belajar di rumah untuk anak dengan menyesuaikan jadwal belajar online yang diberikan oleh guru. Dengan begitu Anda bisa menentukan kapan anak bisa istirahat, bermain dan kapan waktunya belajar. Jadwal yang dibuat tersebut akan membuat anak terbiasa melakukannya sehingga akan melatih rasa tanggung jawab.

Mengerjakan Tugas Secara Bertahap

Jangan pernah memaksa anak untuk mengerjakan semua tugas yang diberikan gurunya secara bersamaan. Justru ajari anak untuk mengerjakan tugasnya secara bertahap satu per satu. Dampingi mereka saat mengerjakan tugas sekolah tersebut dan berikan panduan untuk mulai dari yang lebih dulu harus dikumpulkan. Cara ini juga sekaligus akan melatih anak membuat skala prioritas.

Atur Agar Suasana Tenang

Kalau di rumah ada beberapa anggota keluarga sebaiknya minta yang lain untuk tidak berisik dan mengganggu saat anak sedang belajar. Mengatur agar suasana tetap tenang dan kondusif menjadi salah satu hal penting dalam cara membantu anak belajar di rumah. Suasana yang tenang tentu saja akan membantu anak untuk lebih konsentrasi dalam mengerjakan semua tugas dari gurunya.

Atur Tempat untuk Belajar

Selain menciptakan suasana dan kondisi yang tenang, Anda juga sebaiknya mengatur tempat belajar sedemikian rupa sehingga anak bisa lebih fokus. Meskipun di rumah tetapi tempat belajar haruslah sesuai dengan standar dan mendekati suasana kelas. Tidak mungkin anak bisa belajar dengan tenang di teras rumah misalnya.

Sediakan meja khusus untuk belajar dan lengkapi dengan semua fasilitas yang dibutuhkan seperti alat tulis dan lainnya. Jangan lupa untuk mengatur semua barang di sekitarnya dengan rapi agar tidak mengganggu proses belajar. Meskipun terlihat sepele namun cara membantu anak belajar di rumah yang satu ini cukup mempengaruhi konsentrasi.

Biarkan Anak Istirahat

Jangan lupa untuk memberikan waktu untuk anak agar mereka bisa beristirahat di sela-sela waktu belajarnya. Ingatlah bahwa di sekolah mereka mendapatkan 2x jam istirahat setiap harinya. Anda juga harus memberikannya agar anak tidak kelelahan dalam belajar.

BACA JUGA : 5 Permainan Edukatif untuk Anak agar Tidak Bosan di Rumah
Mengapa istirahat merupakan hal penting dalam cara membantu anak belajar di rumah? Saat anak kelelahan maka semua materi yang diberikan tidak akan mampu dipahami dengan baik. Artinya meskipun belajar tetapi itu hanya akan sia-sia saja.




Pendidikan TERBARU


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment






Pendidikan PILIHAN