20 Okt 2020
    Follow Us:  



Pendidikan

5 Cara Belajar Efektif Saat Anak Sekolah dari Rumah


5 Cara belajar efektif saat anak sekolah dari rumah

Bagaimana cara belajar efektif di rumah bagi anak selama masa pandemi mungkin itu menjadi pertanyaan banyak orang tua. Akibat wabah virus yang cukup berbahaya dan mematikan banyak aktivitas yang dipindahkan di rumah termasuk sekolah. Itu artinya semua aktivitas belajar mengajar yang selama ini dilakukan di kelas harus dilakukan di rumah. Akibatnya banyak orang tua yang menjadi bingung dan pusing.

Baca juga : 30 Universitas Terbaik Indonesia 2020. Termasuk?
Belajar atau sekolah dari rumah mau tidak mau membawa dampak bagi orang tua dimana mereka harus siap berperan sebagai guru. Sayangnya masih banyak orang tua yang belum mengetahui bagaimana cara belajar yang baik dan efektif. Hal tersebut bisa dimaklumi karena mereka tidak memiliki dasar ilmu keguruan. Namun bagaimanapun orang tua harus tahu bagaimana cara belajar dengan anak.

Agar orang tua tidak kebingungan bagaimana cara menjadi “guru” yang mereka harus tahu cara belajar efektif bagi anak. Bagaimanakah caranya? Simak jawabannya berikut ini.

Tips dan Cara Belajar yang Efektif Bagi Anak

Buatlah Tempat Belajar yang Nyaman

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah membuat tempat belajar yang nyaman bagi anak. Anda bisa memilih tempat dimana anak merasa paling senang berada di sana agar mereka merasa betah saat harus belajar. Tempat yang nyaman dan membuat anak merasa senang akan meningkatkan motivasinya dan membantu konsentrasi lebih bagus.

Belajar di Waktu yang Tepat


Ajak anak untuk belajar pada waktu yang tepat dimana kondisi mereka sedang baik konsentrasinya. Kenali kapan waktu terbaik anak dalam berkonsentrasi. Kalau mereka memang lebih bersemangat belajar di pagi hari, ajak mereka belajar pada saat itu juga. Belajar di saat semangat dan konsentrasi anak sedang bagus-bagusnya akan membuat materi lebih mudah dipahami.

Buat Kelompok Belajar Online

Ketika belajar di sekolah terkadang anak harus mengerjakan tugas secara kelompok. Begitu juga saat belajar di rumah kemungkinan ada materi yang memang harus diselesaikan secara kelompok. Selain itu dalam beberapa hal mengerjakan tugas bersama teman sekelas akan lebih mudah dan membuat anak lebih bersemangat.

Karena itulah tidak ada salahnya jika orang tua membantu anak membentuk kelompok belajar secara online. Berdiskusi dengan teman bisa menjadi cara belajar efektif ketika anak harus mengerjakan soal di rumah. Diskusi kelompok bisa dilakukan dengan cara video call atau metode online yang lainnya.

Siapkan Jaringan Internet yang Bagus

Jangan lupa kalau Anda ingin proses belajar anak dari rumah bisa berjalan dengan lancar dan efektif siapkan internet yang bagus. Koneksi internet adalah syarat mutlak bagi sekolah online sehingga memang tidak bisa ditawar lagi. Masalahnya masih banyak jaringan dan koneksi internet yang tidak bagus sehingga menghambat proses belajar si anak.

Kalau bicara tentang bagaimana cara belajar efektif memang tidak bisa dipisahkan dari koneksi internet. Selain berfungsi dalam proses belajar online, koneksi internet juga dibutuhkan untuk mencari referensi dari website tertentu.

Pilih Fasilitas Belajar Online Terbaik

Sebelum terjadinya wabah dan anak-anak harus sekolah dari rumah, penggunaan fasilitas belajar online sudah dilakukan banyak orang. Apalagi saat ini bimbingan belajar online tersebut memang sangat dibutuhkan untuk membantu anak mengerjakan tugas. Penggunaan fasilitas belajar atau bimbingan belajar online terbaik menjadi salah satu cara belajar efektif yang sudah banyak dibuktikan.

Tetapi orang tua tetap harus ingat jangan sembarangan menggunakan bimbel online yang tersedia. Kalau ingin hasilnya maksimal maka pilihlah fasilitas belajar online yang terbaik dan terpercaya.




Pendidikan TERBARU


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment






Pendidikan PILIHAN